Apa Itu Susu UHT Greenfield?

Apa Itu Susu UHT Greenfield?

susu uht greenfield

Anda mungkin sering melihat susu UHT Greenfield ada di rak-rak rumah sakit. Namun, tahukah Anda apa kepanjangan dari UHT dan apa yang membedakan susu jenis ini dengan susu lain pada umumnya? UHT merupakan singkatan dari Ultra Heat Treatment, yang mana merupakan sebuah teknik yang biasa digunakan dalam proses produksi susu untuk memastikan keamanan dari susu tersebut. Dalam proses UHT, susu akan terpapar panas ultra dalam waktu singkat untuk membunuh bakteri berbahaya dan tidak diinginkan yang mungkin masih ada dan tertinggal di dalam susu segar. 

Meskipun mendapatkan paparan suhu panas dalam waktu singkat, susu UHT Greenfield masih memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Susu lebih tinggi yang digunakan dalam proses UHT dapat membantu memastikan tidak hanya susu aman untuk dikonsumsi, tetapi juga memiliki masa simpan yang tinggi setelah dikemas. Hal ini dapat membuat produk akhir hasil UHT yang telah dikemas dan tidak dibuka berada dalam susu ruangan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan susu biasa. Proses UHT mirip dengan proses pasteurisasi, meskipun teknik ini dilakukan dalam suhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu hasil pasteurisasi. 

Mengapa susu UHT diperlukan?

Susu UHT Greenfield sesungguhnya memainkan peran yang penting dalam rantai pasokan makanan dunia. Hal ini khususnya disebabkan karena kualitas dari susu yang dapat disimpan dalam waktu lama, bahkan dalam suhu ruangan sekalipun. Selain itu, susu UHT dapat disimpan bersama makanan kering lainnya, tanpa perlu adanya kekhawatiran seputar keamanan dari makanan. 

Produk susu UHT juga biasanya digunakan dalam operasi layanan makanan skala besar, seperti catering, hotel, dan dapur produksi. Situasi lain yang membutuhkan penggunaan sifat awet susu UHT adalah kondisi di mana produk ini perlu disimpan dalam waktu lama, seperti fasilitas penyimpanan makanan kegawatdaruratan, militer, perahu, serta situasi di mana penggunaan lemari es atau kulkas masih sangat terbatas ataupun tidak ada sama sekali. Susu UHT juga digunakan dalam penggunaan sehari-hari karena faktor kemudahan dan kepraktisan yang dibawanya. 

Apa kekurangannya?

Meskipun susu UHT Greenfield memiliki banyak kualitas yang bisa digunakan oleh banyak orang kapan saja dan di mana saja, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh susu UHT. Misalnya, dalam proses UHT, protein whey yang ada dalam susu mengalami perubahan struktur, sebagai hasilnya, keju dan mentega tidak dapat dibuat menggunakan susu UHT, karena membutuhkan struktur protein yang ditemukan di susu hasil pasteurisasi, susu segar, dan susu mentah. Selain itu, karena perubahan struktur UHT, rasa dari susu UHT akan berbeda dan terasa lebih manis dibandingkan dengan susu biasa. 

Tergantung mereka yang mengonsumsi susu UHT Greenfield, perbedaan rasa ini dapat disukai atau malah tidak disukai, tergantung selera masing-masing. Jika Anda tidak menyukai rasa susu UHT Greenfield, susu segar dan format alternatif susu lainnya masih tersedia di pasaran dalam jumlah melimpah. 

Contohnya, industri kopi menggunakan susu “frothed” untuk mempercantik tampilan latte, dan para barista menggunakan struktur protein dan lemak yang ditemukan dalam susu segar untuk memproduksi tekstur yang kaya dalam susu frothed, yang terkadang juga disebut dengan istilah microfoam. Proses ini masih bisa dilakukan dengan susu jenis lainnya. Namun, whole milk dan susu segar masih menjadi pilihan utama oleh para barista dalam membuat karya seni latte mereka.

Leave a Reply