Cara Mengatasi Nyeri Otot Yang Jadi Penyebab Kaki Lemas

Cara Mengatasi Nyeri Otot Yang Jadi Penyebab Kaki Lemas

Nyeri otot (mialgia) merupakan gejala yang sangat umum terjadi. Hampir semua orang pernah mengalami ketidaknyamanan pada otot-otot mereka di beberapa titik. Hal ini terjadi karena ada jaringan otot di hampir semua bagian tubuh, maka jenis rasa sakit ini bisa dialami kapan dan di mana saja. Nyeri otot seringkali menjadi salah satu penyebab kaki lemas.

Kaki lemas dapat menandakan gejala stroke

Ada beberapa metode yang dapat meredakan nyeri otot sebagai salah satu penyebab kaki lemas yang sering Anda alami. Anda bisa mencoba lebih dari satu cara yang direkomendasikan untuk membantu meredakan nyeri otot kaki lebih cepat. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

  1. Rendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki dengan air hangat mungkin menjadi salah satu cara mengatasi kaki pegal yang paling mudah dan pastinya aman dilakukan. Anda juga bisa menambahkan garam Epsom ke rendaman kaki untuk meredakan nyeri otot dan bahkan dapat mengurangi pembengkakan di kaki. Anda bisa membuat rendaman air hangat untuk kaki dengan tambahan satu cangkir garam epsom ke dalam bak. Rendam kaki dalam campuran ini selama sekitar dua puluh menit untuk meredakan pegal.

  1. Lakukan peregangan

Anda juga dapat mencoba beberapa latihan peregangan untuk mengatasi kaki pegal. Anda dapat menargetkan satu area kaki seperti jari kaki atau tumit, atau Anda dapat melakukan beberapa peregangan untuk menargetkan seluruh kaki. Latihan berikut dapat mencegah kram dan meningkatkan fleksibilitas.

  • Ulangi latihan jari kaki ini sepuluh kali: Tekuk jari-jari kaki, diluruskan, lalu ditekuk lagi selama beberapa detik.
  • Lakukan pemanasan dengan duduk dan rentangkan kaki. Gerakkan jari-jari kaki dengan menekuk dan kemudian melepaskannya kembali. Gerakkan pergelangan kaki dalam lingkaran searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.
  • Teruskan meregangkan kaki dengan menggeser beban dari tumit ke jari kaki dengan bergiliran mengangkat bagian depan dan belakang kaki dari lantai sambil dalam posisi berdiri.
  1. Pijat kaki

Anda juga bisa memijat kaki sendiri untuk membantu meredakan nyeri dan meningkatkan sirkulasi darah. Duduklah di kursi yang nyaman dan gosok serta pijat bagian bawah kaki. Tarik dan tekuk jari-jari kaki untuk memijatnya. Anda juga bisa menggunakan lotion atau minyak untuk membantu melumasi kulit sehingga  lebih mudah untuk memijat kaki.

  1. Kompres dengan es

Mengompres kaki dengan es dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan pegal. Oleskan es pada kaki yang sakit dengan mengisi kantong plastik dengan es. Cobalah mengompres area yang terkena selama 5 hingga 15 menit beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi peradangan.

  1. Minum obat pereda nyeri 

Ada beberapa obat bebas yang bisa Anda coba untuk meredakan nyeri dan peradangan. Obat-obatan seperti acetaminophen dapat mengatasi rasa sakit, sementara anti peradangan non steroid, seperti ibuprofen dan naproxen sodium, dapat menargetkan rasa sakit serta peradangan. Anda mungkin perlu minum obat jenis ini selama beberapa minggu untuk benar-benar meredakan radang kaki yang berlangsung lama. 

  1. Gunakan obat pereda nyeri yang dioles

Anda juga bisa atasi rasa sakit atau kaki pegal dengan mengoleskan obat nyeri. Ada beberapa produk yang dijual bebas dan menawarkan sensasi dingin dan menghilangkan rasa sakit. Beberapa obat ini termasuk bahan-bahan seperti mentol, kayu putih, dan semacamnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk meredakan nyeri otot yang menjadi salah satu penyebab kaki lemas. Jika Anda mengalami kaki lemas dan bingung untuk mengatasinya, Anda bisa konsultasi dengan dokter secara daring melalui SehatQ.

Leave a Reply