Cara Pemesanan Ambulans Gawat Darurat di Puskesmas Sawah Besar

Cara Pemesanan Ambulans Gawat Darurat di Puskesmas Sawah Besar

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan beberapa rumah sakit termasuk Puskesmas Sawah Besar  untuk memberikan jaminan AGD kepada warga yang memiliki KTP dan KK DKI Jakarta yang sesuai dengan kriteria darurat. Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta diharapkan dapat memberikan informasi yang lengkap tentang tugas pokok dan fungsi AGD kepada masyarakat khususnya warga DKI Jakarta. Tujuannya agar masyarakat Jakarta dapat lebih mudah mendapatkan informasi tentang Pelayanan Ambulans dan Pelatihan Kegawatdaruratan.

1. Pelayanan Ambulans Gawat Darurat

Pelayanan Ambulans Gawat Darurat Provinsi DKI Jakarta bertujuan menangani keadaan darurat darurat pra rumah sakit, korban lalu lintas, korban bencana, korban kecelakaan, kebakaran, dan kejadian-kejadian luar biasa lainnya.

Evakuasi Medis Gawat Darurat:

– Pelayanan 24 Jam dalam dan luar kota

– Panggilan dari rumah / kecelakaan ke rumah sakit.

– Evakuasi dari rumah ke rumah sakit atau antar rumah sakit.

– Rujukan antar rumah sakit.

– Layanan gratis untuk pemegang KTP dan KK DKI Jakarta, korban kecelakaan, kebakaran, kebakaran, huru-hara dan KLB.

Evakuasi Medis Non Gawat Darurat:

– Olahraga.

– Pernikahan.

– Konser musik.

– Acara formal.

– Pertemuan keluarga.

– Sepeda.

– Dan lain-lain.

2. Ambulans Khusus Infeksi

Ambulans Khusus Infeksi adalah ambulans advance yang dilengkapi dengan peralatan medis untuk pasien infeksi dengan petugas yang dilengkapi alat perlindungan diri khusus untuk mengevakuasi pasien yang telah terdiagnosa penyakit infeksi menular dengan resiko tinggi. Antara kabin dengan ruang pengemudi diberi sekat pembatas untuk mengurangi penularan melalui udara. Dinding kabin dilapisi papan plastic untuk mempermudah saat membersihkan kabin dengan cairan disinfektan.

Ambulans Advance adalah ambulans yang dilengkapi dengan peralatan medis khusus, dari mulai Air Way Set, Breathing Set, Circulation Set, Extrication Set, Ventilator, Infus Pump, Syringe Pump, AED, dan Pasien Monitor.

3. Ambulans Newborn Emergency Transport Service (NETS)

NETS adalah akronim untuk layanan atau sistem transportasi darurat bayi baru lahir. Layanan tersebut menyediakan transportasi perawatan kritis untuk bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan yang tidak tersedia di rumah sakit kelahiran. 

Siapa saja prioritas pasien pengguna ambulans?

Prioritas orang yang meminta ambulans yaitu pasien yang membutuhkan transfer dengan ambulans dan fasilitas medis secara cepat.

– Akses yang adil untuk semua pasien yang sakit parah atau cedera;

– Pasien dengan situasi tertentu yang memerlukan bantuan klinis segera untuk melakukan intervensi penyelamatan jiwa.

– Definisi yang konsisten untuk respons HCP dengan ketajaman tinggi (pasien yang lebih parah) ditetapkan dan dipetakan ke prioritas respons ambulans Kategori 1 dan Kategori 2.

Penggunaan ambulan yang disediakan oleh Puskesmas Sawah Besar bertujuan untuk memastikan pasien yang paling sakit mendapatkan respons tercepat dan semua pasien mendapatkan respons yang benar pertama kali. Akan tetapi, selama pandemi ambulans mungkin cukup sulit untuk dihubungi. Pasalnya, banyak pasien dengan kondisi serius dan membutuhkan penanganan cepat setiap harinya pasti akan semakin meningkat.

Untuk mendapatkan layananan AGD Dinkes DKI, Anda dapat menghubungi 119, 112 atau call center SIJAKA 082 111 999 812. Segera hubungi nomor tersebut saat dalam keadaan darurat, untuk mencegah hal buruk terjadi. Selain itu, apabila lokasi tinggal cukup dekat dengan Puskesmas Sawah Besar, sebaiknya segera kunjungi agar mendapatkan penganan cepat. 

Leave a Reply