Minyak Gosok dan Bahan Alami Cegah Infeksi Kulit

Minyak Gosok dan Bahan Alami Cegah Infeksi Kulit

minyak gosok

Jangan remehkan rasa gatal dan gigitan serangga pada kulit Anda. Jika tidak ditangani dengan tepat, bisa-bisa rasa gatal tersebut berubah menjadi luka yang rentan menimbulkan infeksi parah. Anda bisa menggunakan minyak gosok untuk meringankan rasa gatal atau mengatasi gigitan serangga pada kulit. 

Namun selain minyak gosok yang banyak dijual bebas di pasaran, menggunakan bahan-bahan alami untuk mencegah infeksi pada kulit pun bisa Anda coba. Nyatanya, banyak bahan alami yang mudah ditemukan di dapur sangat efektif menjadi antibiotik dan mencegah risiko timbulnya infeksi, baik pemakaiannya secara oral maupun topikal. 

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang memiliki sifat antibiotik. Memakainya untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit karena gigitan serangga ataupun karena luka? Tentu saja hal tersebut bisa menjadi opsi yang bijak untuk mencegah risiko infeksi parah. 

Bawang Putih 

Coba cek di dapur Anda, pasti sangat mudah menemukan bumbu dapur yang satu ini. Rasanya kalau untuk memasak, bawang putih seakan menjadi bumbu wajib yang sulit tergantikan. Kenyataannya selain menyedapkan makanan, bawang putih juga telah terbukti efektif melawan banyak bentuk bakteri, tidak terkecuali bakteri Salmonella dan E.coli. Bawang putih disebut-sebut sebagai rempah ajaib yang juga bisa melawan berbagai penyakit karena sifat antibiotiknya. Tentunya untuk melawan infeksi kulit, bumbu dapur ini juga dapat menjadi andalan Anda. 

Madu 

Madu sudah terkenal mampu meningkatkan imunitas tubuh. Lebih daripada itu, madu telah lama digunakan sebagai salep untuk membantu penyembuhan luka dan menghilangkan infeksi di kulit. Tepatnya, penggunaan madu secara topikal ini sudah berlangsung sejak masa Aristoteles.

Pada pengobatan modern, madu pun diklaim bisa mengobati berbagai luka kronis pada kulit, seperti luka bakar, bisul, ataupun gigitan serangga. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 bahkan menemukan fakta, madu dapat menghambat infeksi sekitar 60 jenis bakteri.

Kemampuan ini karena adanya sifat antibakteri madu yang memiliki kandungan hidrogen peroksida. Selain sifat antibakteri, madu juga bisa membantu menyembuhkan luka dengan memberikan lapisan pelindung yang menumbuhkan lingkungan yang lembap pada kulit Anda.

 Jahe

Jahe sudah terkenal dengan statusnya sebagai antibiotik alami. Bahan alami ini terbukti efektif melawan banyak jenis bakteri. Karena alasan ini pulalah, banyak produsen minyak gosok yang kerap menjadikannya jahe sebagai salah satu bahan kandungan dalam produknya.

Hasilnya, minyak gosok yang memiliki kandungan jahe terkenal karena efektif mencega infeksi yang timbul dari rasa gatal gigitan serangga sampai luka. 

Thyme 

Thyme juga dapat menjadi pilihan untuk mencegah infeksi pada kulit. Namun, penggunaannya hanya boleh secara topikal. Anda dapat menggunakan minyak esensial thyme untuk melawan rasa gatal dan luka agar tidak berujung infeksi. Namun, jangan lupa mencampurkan minyak esensial ini dengan campuran minyak lainnya, seperti minyak kelapa arau zaitun. Karena jika digunakan sendiri tanpa campuran pelarut, minyak esensial dapat menimbulkan peradangan. 

Minyak Kayu Putih 

Tanaman kayu putih sudah lama digunakan penduduk asli Australia untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Penggunaan kayu putih untuk melawan infeksi di kulit pun kini mulai diterapkan secara modern dengan menjadi bahan kandungan dari beragam minyak gosok. Produk minyak gosok yang mengandung minyak kayu putih bahkan disebut-sebut dapat melawan peradangan dan mempercepat kesembuhan kulit dari luka maupun rasa gatal. Kandungan minyak kayu putih pada minyak gosok bahkan bisa digunakan untuk meringankan luka bakar ringan. 

 Cengkih 

Cengkih secara tradisional telah digunakan dalam prosedur gigi. Namun, Anda juga bisa mencoba mengekstrak minyak cengkih untuk diaplikasikan ke kulit. Ditemukan fakta, ekstrak cengkih yang ada dalam larutan air ataupun dalam bentuk minyak cukup efektif melawan berbagai jenis bakteri, termasuk E. coli.

*** 

Apabila telaten, Anda bisa mengolah bahan-bahan alami di atas untuk meringankan luka dan rasa gatal di kulit agar tidak menjadi infeksi. Namun jika malas mengolahnya, Anda bisa langsung memakai minyak gosok yang memiliki kandungan bahan-bahan alami di atas. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/cap-tawon-minyak-gosok-dd-30-ml
https://www.medicalnewstoday.com/articles/321108
https://www.healthline.com/health/natural-antibiotics
https://www.mdlinx.com/article/hold-the-prescription-try-these-7-natural-antibiotics-instead/j6m1ie8J4JmSrMCbMbAJk
https://www.healthline.com/health/9-ways-eucalyptus-oil-can-help

Leave a Reply