5 Contoh Obat Herbal Diabetes 2 pada Tanaman

5 Contoh Obat Herbal Diabetes 2 pada Tanaman

5 Contoh Obat Herbal Diabetes 2 pada Tanaman

Diabetes adalah penyakit yang menyebabkan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Jika tidak ditangani dengan benar, diabetes bisa menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Secara umum, pemulihan penyakit diabetes dapat diatasi dengan konsumsi obat-obatan medis atau menggunakan obat herbal diabetes. 

Penyakit diabetes dikategorikan  menjadi dua bagian, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Apa yang menjadi pembeda antara diabetes tipe 1 dan 2? Keduanya berkaitan erat dengan produksi hormon insulin. Hormon insulin memiliki fungsi mengolah karbohidrat yang nantinya akan digunakan sebagai energi. Namun, produksi dan fungsi insulin dapat terganggu apabila terkena penyakit diabetes. Singkatnya, diabetes 1 terjadi karena tubuh, terutama pankreas tidak berhasil memproduksi hormon insulin. Sedangkan tubuh pada pasien diabetes tipe 2 masih sanggup memproduksi insulin namun tidak dapat menggunakannya dengan baik. 

Penyakit diabetes memang tidak dapat disembuhkan. Namun, berbagai upaya dapat dilakukan sebagai bentuk memulihkan diri dari penyakit tersebut. Selain konsumsi obat, pasien diabetes dapat melakukan  olahraga yang memicu turunnya berat badan, senam kaki khusus diabetes, konsumsi buah-buahan, atau menggunakan obat herbal diabetes. Melalui artikel ini, kami akan mengulas contoh obat herbal diabetes tipe 2. 

Obat Herbal Diabetes 2

Obat herbal adalah istilah untuk menyebut tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Obat herbal ditemukan sejak lama dan disebut sebagai pengobatan tradisional yang memiliki sejarah panjang. Hingga hari ini, penggunaan obat herbal masih dipercaya memiliki manfaat untuk menyembuhkan dan memulihkan penyakit. Ada juga obat herbal yang ditujukan kepada penderita diabetes. Studi menemukan bahwa tanaman herbal bermanfaat untuk memulihkan diabetes. Beberapa tanaman herbal diakui memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula yang membantu pasien diabetes tipe 2 meminimalisir risiko. Lantas, apa saja contoh tanaman herbal diabetes 2 yang dapat ditemukan di sekitar kita?

Kunyit 

Kunyit merupakan tanaman herbal yang populer di Indonesia. Kunyit bisa dikreasikan menjadi minuman tradisional hingga komponen bumbu dapur untuk masakan. Ternyata kandungan dalam kunyit bisa mengendalikan kadar gula dalam darah dan mencegah penyakit diabetes. Olahan kunyit menjadi obat herbal biasanya dikonsumsi dengan cara direbus dan diminum airnya. Selain mencegah diabetes, kunyit juga berfungsi mengurangi gejala peradangan, mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga daya tahan tubuh.

Ginseng

Korea Selatan diberi julukan ‘negara ginseng’ karena memiliki ginseng sebagai tanaman herbal yang digunakan selama kurang lebih 2.000 tahun. Masyarakat dunia mempercayai bahwa mengonsumsi ginseng dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin. 

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang kerap ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya, lidah buaya diolah menjadi salad, minuman, hingga sebagai bahan utama produk kecantikan. Lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat mengontrol gula darah bagi tubuh pasien diabetes 2 yang tidak bergantung pada insulin.

Kayu Manis

Kayu manis atau yang biasa disebut dengan ‘Cinnamon’ adalah salah satu jenis rempah yang memiliki banyak manfaat, misalkan, sebagai bumbu olahan makanan hingga disajikan sebagai minuman. Selain itu, kayu manis ternyata juga bermanfaat bagi penderita diabetes 2. Konsumsi rutin setengah sendok teh kayu manis berkhasiat menurunkan kadar gula dalam darah.

Pare

Dikenal sebagai makanan pahit tidak membuat pare kehilangan konsumennya. Sebagian masyarakat menggunakan pare untuk diolah menjadi makanan dan minuman. Kandungan dalam pare dipercaya dapat memulihkan dehidrasi dan sakit kepala, yang sering dialami penderita diabetes tipe 2. 

Itulah 5 contoh obat herbal diabetes tipe 2 yang bisa Anda coba. Selain konsumsi obat dan berolahraga, konsumsi obat herbal bisa jadi pilihan baru untuk memulihkan pasien dengan diabetes tipe 2.

Leave a Reply